1. Mata kuliah
pengantar ilmu sosial bersifat ...
a. memberi arahan penekanan materi seluruh
ilmu-ilmu sosial
b. memberi arahan
penekanan secara global dan tidak mendalam
c. memberi arahan
penekanan pada subyek oriented menuju specialisasi
d. memberi
penekanan mataeri ilmu sosial secara terperinci
2. Ilmu sosial
dasar adalah ...
a. ilmu yang
membahan mengenai masalaha sosial dalam kehidupanmasyarakat
b. ilmu yang
memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral
c. tujuan
pendidikan dan pengajaran di perguruan tinggi
d. pengetahuan yang menelah masalah-masalah
sosial yang menggunakan pengertian-pengertian ( fakta, teori, konsep) berasal
dari berbagai bidang pengetahuan keahian
3. Latar belakang
diberikannya ISD pada prinsipnya adalah menghindari ...
a. anggapan bahwa
sistem pendidikan kita hanya mementingkan sosial science
b. kritik
terhadap sistem pendidikan kita oleh sejumlah cendikiawan
c. anggapan bahwa sistem pendidikan kita
tidak berbau kolonial
d. a, b dan c
benar
4. Tenaga ahli
yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan memiliki tiga ketrampilan yang
tidak termasuk kedalam kemampuan ini adalah ...
a. personal
b. akademis
c. Likwidasi
d. professional
5. Profesional
adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan, maksudnya
adalah ...
a. para tenaga
ahli diharapkan mempunyai pandangan yang luas
b. peka terhadap
masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia
c. para tenaga ahli diharapkan memiliki
pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesi
d. a, b dan c
benar
6. ISD termasuk
program pendidikan umum (MKDU), tujuan dari MKDU yaitu ...
a. memperluas cakrawala perhatian dan
pengetahuan para mahasiswa sehingga
tidak terbatas pada bidang pengetahuan keahlian golongan asal
masing-masing
b. memberi
pemahaman kepada mahasiswa sebagai layaknya mata kuliah lain yang diberikan
c. mengantarkan
mahasiswa agar menjauhi masalah-masalah sosial
d. a, b dan c
benar
7. Salah satu
definisi ISD adalah ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan,
sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah
sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. Dari pernyataan itu maka ISD
itu bersifat ...
a. subject –
oriented
b. object –
oriented
c. problem – oriented
d. humanties
8. Ilmu
pengetahuan sosial (IPS) merupakan ...
a. ilmu yang
mempelajari manusia dan interaksinya
b. bidang studi yagn merupakan paduan dari
sejumlah mata pelajaran sosial
c. suatu program
pelajaran baru yang dikembangkan di perguruan tinggi
d. a, b dan c
benar
9. Filsafat
merupakan sumber ilmu pengeatahuan alam maupun sosial. Hakekat dari ilmu
filsafat adalah mempersoalkan ...
a. asal-usul ilmu
pengetahuan
b. hidup dan kehidupan manusia didunia
c. rasa ingin
tahu manusia mengenai dunia
d. pencabangan
ilmu pengetahuan
e. penelaahan
alam sekitar dan perkembangannya
10. Menghadapi era globalisasi, lulusan perguruan tinggi
dituntut kualitasnya secara memadai. Kualitas tersebut harus terlihat dengan
diperolehnya pengetahuan, sikap, tingkah laku dan tindakan sebagai cerminan
kepribadian Indoensia. Perolehan-perolehan ini adalah merupakan sebgaian dari
kemampuan ...
a. personal
b. profesonal
c. akademik
d. manajerial
e. vokasional
11. Lulusan perguruan tinggi perlu memiliki wawasan yang
tidak terbatas pada bidang keahliannya. ISD adalah bagian dari program mata
kuliah dasar umum untuk membawa mahasiswa agar ...
a. memiliki
keahlian beragam menghadapi persaingan dunia kerja
b. menyadari
posisinya sebagai calon pemimpin masa depan
c. peka,terbuka, dan ada rasa tanggungjawab
terhadap masalah sekitar
d. selalu
mengikuti perkembangan masalah – masalah masyarakat
e. memiliki
kemampuan tinggi dalam profesinya
12. ISD dan pengetahuan sosial dibedakan keduanya dalam hal
orientasi atas pendekatan yang dilakukan. Beda keduanya adalah ...
a. isd
berorientasi materi, pengetahuna sosial berorientasi multidisiplin
b. isd
berorientasi materi, pengetahuan sosial berorientasi inter disiplin
c. isd
berorientasi inter disiplin, pengetahuan sosial berorientasi praktis
d. isd berorientasi inter disiplin,
pengetahuan sosial berorientasi materi
e. isd
berorientasi praktis, pengetahuan sosial berorientasi materi
13. Dalam gerak penduduk, maka yang termasuk dalam gerak
penduduk harian adalah ...
a. transmigrasi
b. sirkulasi
c. emigrasi
d. urbanisasi
14. Penduduk didefinisikan sebagai ...
a. sejumlah manusia yang mendiami suatu
tempat tertentu dalam jangka waktu tertentu
b. sejumlah
mahluk hidup yang hidup benrsama dalam suatu tempat tinggal dan mempunyai ciri
khusus
c. sekelompok
mahluk hidup yang terdiri atas sejumlah kelompok yang berbeda
d. a, b dan c
benar
15. Kebijaksanaan kependudukan yang sering ditempuh oleh
negara-negara yang sedang berkembang pada umumnya adalah ...
a. menghambat kecepatan pertumbuhan penduduk
b. melaksanakan
urbanisasi
c. menghapus
kemelaratan
d. pembangunan di
segala bidang
16. Ciri utama mahluk sebagai insan sosial yang berkelompok
adalah ...
a. pola hidup
kita sepenuhnya ditentukan oleh kelompok
b. mampu
menentukan corak warna kelompok, dimana kita hidup
c. menentukan
kepentingan kelompok atas segala-galanya
d. adanya ketergantungan antara yang satu
dengan yang lain
17. Kelahiran dan kematian merupakan contoh dari unsur
kependudukan. Faktor dasar kependudukan ini mempunyai arti ...
a. perubahan
penduduk karena kelahiran dan kematian
b. unsur-unsur yang mengakibatkan cepatnya
laju pertumbuhan
c. faktor-faktor
yang mempengaruhi peruhan penduduk
d. bagian-bagian
yang terkait erat dengan penduduk dan perkembangannya
e.
pengklasifikasiannya penduduk menurut umur
18. Tinggi rendahnya tingkat kelahiran dihitung dari jumlah
kelahiran per 1000 orang penduduk, misalnya 50 orang tiap 1000 per tahun.
Tingkat kelahiran termasuk katagori sedang bila jumlah kelahiran ...
a. kurang dari 20
b. 20 - 30
c. 31 - 40
d. 41 - 50
e. lebih dari 50
19. Tinggi rendahnya kematian dihitung dari jumlah kematian
per 1000 penduduk tiap tahun, misalnya 10 orang pertahun. Tingkat kematian
penduduk suatu negara termasuk kategori tinggi bila ...
a. lebih dari 9
b. lebih dari 14
c. lebih dari 19
d. lebih dari 24
e. lebih dari 29
20. Pertambahan penduduk alami adalah pertambahan penduduk
...
a. yang tearjadi
karena kelahiran
b. dengan
menghitung jumlah bayi lahir hidup
c. yang
ditentukan oleh kondisi alam tempat bermukim
d. yang memperhitungkan perpindahan penduduk
antar negara
e. yang terjadi
dari selisih jumlah kelahiran dan kematian
21. Kadang-kadang terjadi perpindahan penduduk dari satu
wilayah ke wilayah lain. Salah satu perpindahan itu disebut migrasi.
Perpindahan penduduk disebut migrasi apabila ...
a. di tempat baru ia menetap relatif cukup
lama
b. perpindahan
itu dimaksud untuk mencari mata pencaharian
c. ditempat baru
ia memiliki tempat tinggal
d. perpindahan
itu terjadi antar wilayah negara
e. perpindahan
itu disertai anggota keluarga
22. Masalah kependudukan adalah masalah yang bersegi banyak.
Sumber masalah penduduk adalah akibat dari...
a. perbedaan kebutuhan dan kepentingan
masing-masing wilayah
b. adanya
pertumbuhan penduduk
c. adanya
perbedaan kondisi antar wilayah
d. penyebaran
penduduk yang tidak merata
e. kondisi
struktur penduduk yang kurang menguntungkan
23. Pendapat Leslie yang disitat oleh Parsudi tentang
pengertian masalah sosial adalah ...
a. suatu
kondisi yang mempengaruhi kehidupan sebagian esar masyarakat sebagai
sesuatu yang tidak diinginkan / tidak disukai sehingga dirasa perlu untuk
diatasi
b. suatu keadaan
yang tidak mempunyai pengaruh terhadap kehidupan warga masyrakat sehingga tidak
perlu diatasi
c. suatu kondisi
dimana pengaruh kehidupan sebagian besar masyarakat sebagai sesuatu yang tidak
disukai
d. a, b dan c
benar
24. Kebudayaan penting peranannya dan dapat dilihat sebagai mekanisme kontrol bagi tindakan-tindakan sosial manusia.Tapi
bukan berarti bahwa setiap pengembangan kebudayaan dalam masyarakat harus
semuanya diterima. Hal ini dikarenakan ...
a. berkenaan
dengan istem penggolongan
b. berkenaan
dengan nilai-nilai moral
c. berkenaan
dengan berbagai hal lain yang diperlukan hidupnya
d. a, b dan c salah