Selasa, 29 September 2015

Ilmu Sosial Dasar (ISD) 1

Nadia Safarah
54415922

1. Paham dan Mendalami Pancasila
Pancasila merupakan ideologi dasar nagara Indonesia yang berisi lima asas yang menjadi pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.  Kelima asas tersebut memiliki arti tersendiri yang mempunyai satu tujuan, yaitu untuk mewujudkan Indonesia yang bersatu, berdaulat, dan adil.  Pancasila berfungsi untuk mengatur NKRI termasuk pemerintahan, rakyat, dan wilayah. Pancasila merupakan dasar seluruh kehidupan negara Indonesia. Pancasila juga merupakan sumber dari segala sumber hukum.

Contoh pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari:
Pancasila tidak hanya dibaca di setiap upacara, namun juga perilaku kita harus mencerminkan bahwa kita berpedoman pancasila. Misalnya dengan belajar yang giat dan meraih prestasi demi membangun masa depan bangsa yang lebih baik. Aktif pada kegiatan peduli terhadap negara kita. Patuh pada ajaran agama. Ramah terhadap lingkungan dengan tujuan menjaga kebersihan wilayah Indonesia, dll.


2. Ketuhanan yang Maha Esa
Artinya mengakui adanya Tuhan yang maha esa yaitu Tuhan yang hanya ada satu ataupun merupakan suatu kesatuan (ada dua pendapat mengenai arti 'esa' itu sendiri yang saya pelajari). Hal ini menunjukan bahwa setiap warga negara Indonesia harus memiliki agama dan kepercayaan masing-masing, agar terciptanya perdamaian dan sikap yang baik dilandaskan dengan aturan-aturan yang ada di setiap agama karena dalam agama apapun, saya yakini mengajarkan berbagai kebaikan bagi umatnya. Dan bahwa Indonesia merupakan negara yang menunjung tinggi rasa toleransi akan perbedaan, terutama perbedaan beragama sehingga terciptanya kerukunan ditengahnya perbedaan yang ada.

Contoh pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari:
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menaati aturan-aturan agama. Juga saling menghargai dan bertoleransi akan perbedaan agama.



3. Berwawasan yang Komprehensif
Wawasan dalam kamus bahasa Indonesia berarti tinjauan/pandangan. Sedangkan komprehensif artinya luas/menyeluruh. Dapat saya simpulkan bahwa berwawasan komprehensif artinya memiliki pandangan yang luas dan menyeluruh. Berpikiran terbuka dan bisa menerima dengan baik berbagai hal dan masukan secara positif dan dapat membedakan yang salah dan yang benar.

Contoh pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari:
Dengan bersikap terbuka dan tanggap dengan efek globalisasi yang terjadi saat ini. Di era globalisasi ini, siapa saja harus bersikap tanggap dengan perkembangan yang terjadi di dalam dan di luar negeri, seperti perkembangan IPTEK dsb. Tapi juga harus bisa memilah dengan baik apa yang harus dan tidak harus diikuti. Dengan kemampuan yang baik dan tanggap itu dapat menciptakan generasi yang lebih maju dan lebih siap untuk menghadapi perkembangan dan perubahan zaman.

4. Wawasan budaya
Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Dapat saya definisikan bahwa wawasan budaya adalah berpengetahuan dan memiliki minat tersendiri pada hal yang telah berkembang dan diwariskan.

Contoh pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari:
Mempelajari dan menambah pengetahuan tentang budaya daerah sendiri. Menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya sendiri. Sehingga budaya kita sendiri bisa kita lestarikan, tidak terlupakan dan hilang begitu saja, bisa dinikmati oleh anak cucu kita nantinya.

Ilmu Sosial Dasar
Ilmu yang mempelajari tentang masalah-masalah sosial dalam sebuah masyarakat, yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang didasari  oleh fakta, konsep, dan teori,  juga pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan agar mahasiwa bisa mempelajari gejala-gejala sosial sehingga mahasiswa memiliki daya tanggap, mengerti dan siap untuk menghadapi lingkungan sosialnya.
IPS
Ilmu yang mempelajari tentang hubungan sosial di dalam bermasyarakat. Yaitu  interaksi yang baik dalam masyarakat. Juga bagaimana seharusnya kita bersikap baik ketika berada dalam masyarakat. Misalnya, kita harus menghormati orang yang lebih tua, berbicara dengan bahasa yang baik, dan bersikap sopan.

Persamaan antara ISD dan IPS:
- Sama-sama bertujuan untuk mendidik
- Sama-sama materi yang berhubungan dengan sosial

Perbedaanantara ISD dan IPS :
- ISD diberikan pada mahasiswa, sedangkan IPS diberikan pada murid sekolah.
- IPS adalah kelompok dari beberapa pelajaran, sedangkan ISD mandiri/tunggal.
- Ilmu Sosial Dasar lebih tertuju kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial lebih kepada pengetahuannya.

Aplikasi Ilmu Sosial Dasar dalam kehidupan sehari-hari:
Memperlajari ISD dengan baik di kampus, dan menumbuhkan rasa kepedulian akan masalah-masalah sosial yang terjadi saat ini.
Aplikasi Ilmu Pengetahuan Sosial dalam kehidupan sehari-hari:
Mempelajari pelajaran IPS di sekolah dengan tekun, dan menjalani sikap menghargai antar sesama, interaksi sosial yang baik, seperti yang diajarkan di bidang IPS.

Tidak ada komentar: