Minggu, 09 Oktober 2016

Internet of Things

Internet of Things

Images by Google

Untuk tugas pertama Pengetahuan Teknologi Internet & New Media saya, saya akan membahas tentang Internet of Things (IoT). Apa sih IoT itu? sebenarnya, belum ada definisi standar mengenai apa itu IoT. Dari semua sumber yang saya baca di google, dapat saya simpulkan bahwa IoT adalah konsep tentang segala perangkat atau benda apapun yang dikendalikan dan atau dihubungkan dengan internet. IoT bertujuan untuk mempermudah penggunaan semua benda yang termasuk kedalam IoT. Dengan prinsip dan tujuan utama dari IoT sebagai sarana yang memudahkan untuk pengawasan dan pengendalian barang, maka konsep IoT ini sangat memungkinkan untuk digunakan hampir pada seluruh kegiatan sehari-hari, mulai dari penggunaan perorangan, perkantoran, rumah sakit, pariwisat, industri, transportasi, konserverasi hewan, pertanian dan peternakan, sampai ke pemerintahan. Apa saja contoh IoT? pada dasarnya, jika kita memiliki peralatan yang mempunyai saklar on dan off, peralatan tersebut mempunyai kesempatan yang besar untuk digunakan dalam ranah IoT. Sebagai contoh, TV, smartphone, mobil dan masih banyak lagi. Selain peralatan sehari-hari, IoT juga bisa menghubungkan berbagai komponen mesin seperti mesin jet pesawat terbang, bor pertambangan minyak dan lain-lain.

Bagaimana cara kerja IoT itu sendiri? cara kerja IoT mengacu pada 3 elemen utama pada arsitektur IoT, yakni barang fisik yang dilengkapi modul IoT, perangkat koneksi ke internet seperti modem dan touter Wi-Fi seperti yang ada dirumah, dan Cloud Data Center tempat untuk menyimpan aplikasi beserta data base. Seluruh penggunaan barang yang terhubung ke internet akan menyimpan data, data tersebut terkumpul sebagai ‘big data’ yang kemudian dapat di olah untuk di analisa baik oleh pemerintah, perusahaan, maupun negara asing untuk kemudian di manfaatkan bagi kepentingan masing-masing. Disinilah peran penting pemerintah Republik Indonesia dalam menjaga ketahanan negara dari sisi sistem informasi.

Berikut adalah sebuah video mengenai cara kerja IoT



Apa saja dampak yang akan ditimbulkan oleh IoT?

Positif
1. Meningkatkan perkembangan dunia IT yang dapat memudahkan segala aktivitas manusia. Dari pengertian Internet of Thing yang sudah dijelaskan di atas, bahwa segala sesuatu akan dihubungkan dengan internet untuk memaksimalkan konektifitas internet, selain itu juga bertujuan untuk memaksimalkan kinerja seluruh benda yang sudah terhubung dengan internet tersebut, dengan begitu maka kegiatan manusia pun akan lebih mudah dengan bantuan benda yang sudah canggih.
2. Dapat mendatangkan inovasi baru. Dengan adanya konsep ini tentu akan memicu para ahli IT untuk menemukan inovasi. Berbagai inovasi yang akan di hasilkan oleh para penemu tersebut tentu akan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Inovasi terbaru yang dapat dinikmati masyarakat antara lain konsep TV pintar, furnitur rumah seperti AC, kulkas dan mesin cuci yang bisa disambungkan dengan internet.

Negatif
1. Pada dasarnya segala sesuatu yang memiliki dampak positif pasti juga memiliki dampak negatif, begitu pula dengan Konsep Internet of Thing ini. Salah satu dampak negatif dari Internet of Thing yang sangat terlihat di kehidupan masyarakat adalah kurangnya interaksi antar manusia. Karena kemajuan komunikasi melalui internet yang sangat pesat, maka manusia akan lebih banyak memilih saling berkomunikasi melalui media komunikasi, dan akan mengurangi intensitas bertemu.
2. Selain itu, dampaknya bagi kehidupan yang tidak kalah mengkhawatirkan adalah banyaknya kejahatan cyber yang semakin meningkat. Contoh kejahatan cyber yang banyak terjadi di kehidupan masyarakat adalah kemampuan untuk merusak benda yang berhubungan dengan internet melalui kiriman virus yang dapat merusak benda tersebut. contoh kejahatan lain yang lebih berbahaya misalnya penyusupan atau pengintaian melalui internet.

Setelah memahami bagaimana IoT mempengaruhi kehidupan, sudah seharusnya kita berusaha untuk memahami peluang dan tantangan apa saja yang bisa kita ambil dan selesaikan. Karena semakin banyak perangkat mulai bergabung dengan IoT. Kita harus dapat meminimalisir dampak negatif dan menoptimalkan dampak positif dari IoT. Apalagi sebagai mahasiswa Teknik Informatika, salah satu hal terbaik yang bisa saya lakukan adalah mendidik diri sendiri tentang apa yang dimaksud dengan IoT dan mencari tahu dampak potensial yang dapat dilihat agar pekerjaan, hidup saya dan orang lain menjadi semakin nyaman dan merasakan dampak postif dari IoT itu sendiri.

Sumber:
https://www.youtube.com/



Tidak ada komentar: