Jumat, 15 Januari 2016

ILMU SOSIAL DASAR 14

Ilmu Sosial Dasar 14

Contoh Kehidupan Kerukunan Beragama

Kerukunan Umat Beragama di Susuru Ciamis Mesti Dipertahankan
Rabu, 13 Januari 2016

Author :

CIAMIS,FOKUSJabar.com:

Kerukunan umat beragama di Dusun Susuru, Desa Kerta Jaya, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis patut dicontoh. Karena toleransi umat beragama di daerah tersebut sangat terjalin begitu baik.

Di daerah itu terdapat tiga penganut Agama dan keyakinan yang berbeda. Tetapi masyarakat setempat tetap rukun tidak pernah terjadi keributan diantara mereka.

” Disini penduduknya ada yang beragama Islam, Kristen dan aliran kepercayaan. Mereka tetap hidup rukun antar sesamanya,” kata Dandim 0613 Ciamis, Letkol Inf. Rudi Jan Pribadi, Rabu (13/1/2016).

Rudi mengatakan, kerukunan umat beragama yang ada di wilyah Susuru ini memang perlu terus dipertahankan agar kondusifitas kemanan tetap terjaga.

” Yang paling ditakutkan bagi kami bukan serangan langsung dari luar, tetapi perpecahan antar umat beragama yang sangat dikwatirkan,” jelasnya.

Menurut Dandim, dengan adanya perpecahan antar sesama bakal memudahkan pihak musuh mengusai Bangsa Indonesia kembali.

” Untuk itu agar musuh tidak bisa masuk, pertahankan terus rasa persatuan dan kesatuan diantara kita,” pungkasnya.

(Husen Maharaja/Bam’s)

Saya setuju dengan opini yang ditunjukkan penulis dalam artikel di atas, bahwa perpecahan antar umat merupakan yang paling ditakutkan. Karena jika dalam suatu lingkungan masyarakat yang tinggal memecah belah dan tidak bersatu, apalagi berselisih karena suatu perbedaan akan mempermudah musuh untuk merusak lingkungan tersebut. Sama halnya dengan Indonesia, jika umat beragama di Indonesia berselisih akan perbedaan agama, maka akan menjadi hancurlah negara ini(di Indonesia terdapat beragam agama dan kepercayaan), dan mempermudah orang asing untuk menguasai Indonesia.

Sumber
http://fokusjabar.com/2016/01/13/kerukunan-umat-beragama-di-susuru-harus-jadi-contoh/

Tidak ada komentar: